Langsung ke konten utama

DOKJAY SUMBER INSPIRASI DALAM MENULIS

 DOKJAY SUMBER INSPIRASI DALAM MENULIS

 

Nama: Linda Silawati

Judul: DokJay Sumber Inspirasi Dalam Menuli

Resume ke-1

Gelombang 28

Tanggal 9 Januari 2023

Tema Menulislah Setiap Hari

Narasumber Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd (OmJay)

 




Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. Beliau adalah seorang Trainer, Teacher, Blogger, Fotografer, Motivator, Pembicara Seminar, Workshop PTK, dan Praktisi ICT. Beliau Sering diundang di berbagai Seminar dan Workshop sebagai Pembicara di tingkat Nasional.

Bersedia membantu para guru dalam bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) online. Berbagai Karya Tulisnya juga selalu masuk final di tingkat Nasional dan berbagai prestasi telah diraihnya (sumber:  https://wijayalabs.wordpress.com).

Sebuah kalimat pembuka dalam kegiatan malam ini membuat saya menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini, kalimat tersebut adalah:

Dengan bersungguh-sungguh saya mengucap aamiin...semoga Allah mengabulkannya.

Setelah perkenalan, tibalah kami mulai membaca materi mengenai "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi!" di https://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-apa.html, pada paragraf ke-6 saya menemukan kalimat yang sangat menggugah “ Jangan ragu dan Takut salah” Ini yang sering ditakutkan oleh para penulis pemula.

 Keinginan menulis timbul dari hobi, entah itu gemar membuat cerita, gemar membuat bahan ajar, atau sekedar berpuisi dan membuat lirik lagu asal-asalan. Tapi ini adalah awal mulanya, motivasi awal yang mereka miliki untuk akhirnya menjadi hobi yang bermanfaat. Tapi karena kata ragu dan takut ini membuat mereka mundur untuk menuangkan pemikiran dalam sebuah tulisan. Rasa tidak percaya diri lebih besar dari pada keinginan untuk mulai mengekspresikan dirinya dengan tulisan.

Malam ini, banyak sekali kisah-kisah inpiratif yang di ceritakan oleh OmJay, salah satunya ketika beliau memulai debutnya sebagai penulis dengan menjadi seorang Blogger. Kejadian itu di mulai di tahun 2008 ketika sekolah tempat OmJay bekerja mengalami kebakaran, dan mulailah Omjay manfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Tulisan siswa di blognya menjelma menjadi buku "Yuk Kita Ngeblog" dan mendapat juara pertama lomba buku pengayaan Depdikbud dengan hadiah Rp. 20.000.000. Sampai akhirnya OmJay di Undang ke Istana Negara karena prestasinya dari menulis...menulis...dan menulis ini tidak pernah berhenti.

Salah Satu Buku OmJay
Sumber : Dokumen  OmJay 

 

Dokumentasi ketika OmJay diundang ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi
Sumber : Dokumen OmJay

Ditengah-tengah obrolan chat di group WA KBMN PGRI 28 muncul satu gambar dengan tulisan yang menginspirasi dibawahnya.

Tulisan OmJay yang menginspirasi

Wooow...15 tahun...seorang legenda memang tidak muncul begitu saja, perlu waktu lama untuk mengasahnya menjadi orang yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Maka dengan tekat baru, ayo kita mulai ekspresikan diri kita dengan tulisan, siapa tau ketika kita beruntung, tulisan kita nanti bisa menjadi penghasilan tambahan. Seperti yang dialami OmJay.

Kegiatan kami malam ini pun ditutup dengan kalimat motivasi lainnya.

Semoga cerita di atas menginspirasi siapa saja yang membacanya.

Jangan lupa komen ya...

 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

  Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS Resume         : 25 Gelombang   : 28 Hari , Tgl.     : 6 Maret 2023 Tema.           : Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS Narasumber : Dr. Imron Rosidi, M.Pd. Moderator.  : Yandri Novitasari, S.Pd.     “ Sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan." Hari Senin yang indah , bertepatan dengan pertengahan bulan Syaban. Di hari ini disunnahkan untuk puasa Ayamul bidh, sekaligus mendapat pahala dan keberkahan puasa Senin. Malam ini, pertemuan  ke 25 kelas menulis Nusantara. Aku bersyukur bisa sampai sejauh ini. Walau dengan tertatih tatih dalam menulis belum ada perubahan yang berarti. Masih sering terbata-bata dan tidak pas .Namun aku tak patah semangat, untuk terus berjuang agar tulisan ku bisa menjadi buku solo.  Materi malam ini tidak terlalu berpengaruh untukku dalam berkegiatan, karena aku bukan PN

Pemasaran Buku

Pemasaran Buku Hari/tanggal    : Rabu/22 Februari 2023 Tema                : Strategi Pemasaran Buku Narasumber     : Agus Subardana,S.E.,M.M Moderator        : Pubaniasita KS,S.Pd "Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"  ( Ali bin Abu Thalib )          Dimalam yang sejuk ini moderator mulai memperkenalkan narasumber kita malam ini. Siapakah beliau?“ Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala   Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agust. Subardana   S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus” Dem