Langsung ke konten utama

Melejitkan Presentasi dengan Menulis

 Melejitkan Presentasi dengan Menulis



Pertemuan Ke: 21

Pemateri: Rita Wati, S.Kom

Materi: Melejitkan Presentasi dengan Menulis

Moderator: Helmiwiyah, S.Pd, M.M

Hari/Tanggal: Kamis/ 24 Februari 2023

         Menulis  dapat dilakukan oleh siapa saja dan akan menghasilkan produk berupa tulisan, baik buku, artikel, pantun maupun puisi. Menulis dan membaca adalah kegiatan sehat yang dapat memperkaya insan itu sendiri, baik dari segi pengetahuan maupun dari segi keilmuan. Orang yang mempunyai pengetahuan luas akan maju selangkah dari orang belum memiliki pengetahuan luas. Produktivitas dan menulis adalah suatu united. Menulis merupakan kegiatan produktif yang dapat dilakukan siapa saja. Menunggu memang pekerjaan membosankan, sambil menunggu sesuatu yang kita harapkan, mari kita isi kegiatan dengan membaca dan menulis. Sambil mengemil, menunggu anak dari sekolah,menunggu suami pulang kerja, menanti anak pulang ,mengaji, mari kita berselancar membaca blog pribadi, berliterasi di kompasiana, membaca buku digital dan non digital karya solo atau antologi. Kegiatan yang positif ini akan produktif dan membuahkan prestasi yang gemilang. Pisau yang diasah dan digunakan, serta dirawat secara teratur akan sangat tajam dan bisa dipakai lama, dan akan bermanfaat sepanjang waktu. Tentu akan membuahkan hasil yang berbeda, jika pisau tidak dipakai dan dibiarkan berkarat, dan dalam rentan waktu lama akan menjadi barang ronsokan. 

Mengbrol bareng (ngobar) melalui chat di grup WA KBMN PGRI 28, adalah sarana yang tepat untuk belajar melejitkan prestasi dengan menulis. Prestasi adalah satu kata yang diharapkan diraih oleh semua orang. Passion dan minat bakat tiap manusia berbeda, semua bisa dikembangkan dengan banyak berlatih, doa  usaha, dan kerja keras. Berikut prestasi pemateri kita:




Wow prestasi yang sangat gemilang, yang akan membuat iri semua orang, kami juga ingin seperti ibuk, mari bergiat dan bekerja keras agar presetasi narasumber menular pada kita. Semenjak beliau menulis, beliau mendapatkan kesempatan untuk berbagai sharing pengalaman terutama dalam hal menulis, blog dan guru inspiratif serta tutorial, Flyer nya bejibun. Ini loh narasumber yang telah menyemangati mengikuti kelas KBM bisa membuat kita berprestasi, semoga menjadi mimpi yang nyata.


Berikut sesi tanya jawab, bersama peserta KMBN PGRI 28 dan nara sumber kita:

Endang Ratna juwita dari Bogor,ijin bertanya:

1.Bagaimana cara bu Rita membagi waktunya?

2.Apakah semua buku terbit secara bersamaan atau berdekatan?

3.Apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi seperti ibu?

terima kasih

Jawab pemateri kita:

Terimakasih Bu Endang

1 Cara saya membagi waktu jika dulu sebelum kesibukan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat saya usahakan ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat saya tulis dulu pelan-pelan ide-ide utama terutama ketika saya mengikuti lomba tulisan itu saya tulisan perlahan-lahan.

2. Kebetulan semangat saya membara pada tahun 2021 jadi buku saya hampir 90% terbit di tahun itu dan 1 di tahun 2020 sehingga ketika saya flashback itulah yang membuat saya terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP. Tips nya pandai melihat peluang.

 

Pertanyaan 2: Nama Latifah dari Jakarta utara

Fokus menulis itu bagaimana menumbuhkan Jalan alur cerita agar dimengerti bagi pembaca

Jawab: Tulis aja bu hingga tuntas ide yang ada dipikiran kemudian setelah selesai baca berulang-ulang ketika kurang bahan banyak membaca yang sesuai ide kemudian minta tolong sama teman untuk membaca tulisan kita dari pembaca kita ketahui apakah tulisan kita itu sudah dimengerti atau masih perlu diperbaiki

         Semoga resume ini bermanfaat, dan mampu menyemangati kita untuk rajin menulis dan melahirkan prestasi dalam menulis. Menangis sambil berayun, Mari menulis sambil makan mie instan. https://www.cikgurita.com/2022/07/perjalanan-menjadi-guru-inspiratif.html ini adalah alamat link yang tulisan yang saya menangkan di lomba Indihome dan prosesnya panjang untuk menjadi sang juara, yang terpenting tidak mudah putus asa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOKJAY SUMBER INSPIRASI DALAM MENULIS

  DOKJAY SUMBER INSPIRASI DALAM MENULIS   Nama: Linda Silawati Judul: DokJay Sumber Inspirasi Dalam Menuli Resume ke-1 Gelombang 28 Tanggal 9 Januari 2023 Tema Menulislah Setiap Hari Narasumber Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd (OmJay)   Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. Beliau adalah seorang Trainer, Teacher, Blogger, Fotografer, Motivator, Pembicara Seminar, Workshop PTK, dan Praktisi ICT. Beliau Sering diundang di berbagai Seminar dan Workshop sebagai Pembicara di tingkat Nasional. Bersedia membantu para guru dalam bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) online. Berbagai Karya Tulisnya juga selalu masuk final di tingkat Nasional dan berbagai prestasi telah diraihnya (sumber:   https://wijayalabs.wordpress.com ). Sebuah kalimat pembuka dalam kegiatan malam ini membuat saya menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini, kalimat tersebut adalah: Dengan bersungguh-sungguh saya mengucap aamiin...semoga Allah

Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

  Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS Resume         : 25 Gelombang   : 28 Hari , Tgl.     : 6 Maret 2023 Tema.           : Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS Narasumber : Dr. Imron Rosidi, M.Pd. Moderator.  : Yandri Novitasari, S.Pd.     “ Sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan." Hari Senin yang indah , bertepatan dengan pertengahan bulan Syaban. Di hari ini disunnahkan untuk puasa Ayamul bidh, sekaligus mendapat pahala dan keberkahan puasa Senin. Malam ini, pertemuan  ke 25 kelas menulis Nusantara. Aku bersyukur bisa sampai sejauh ini. Walau dengan tertatih tatih dalam menulis belum ada perubahan yang berarti. Masih sering terbata-bata dan tidak pas .Namun aku tak patah semangat, untuk terus berjuang agar tulisan ku bisa menjadi buku solo.  Materi malam ini tidak terlalu berpengaruh untukku dalam berkegiatan, karena aku bukan PN

Pemasaran Buku

Pemasaran Buku Hari/tanggal    : Rabu/22 Februari 2023 Tema                : Strategi Pemasaran Buku Narasumber     : Agus Subardana,S.E.,M.M Moderator        : Pubaniasita KS,S.Pd "Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"  ( Ali bin Abu Thalib )          Dimalam yang sejuk ini moderator mulai memperkenalkan narasumber kita malam ini. Siapakah beliau?“ Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala   Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agust. Subardana   S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus” Dem