Langsung ke konten utama

Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

 Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS


Resume        : 25

Gelombang  : 28

Hari , Tgl.    : 6 Maret 2023

Tema.           : Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

Narasumber : Dr. Imron Rosidi, M.Pd.

Moderator.  : Yandri Novitasari, S.Pd.

 

  Sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan."

Hari Senin yang indah , bertepatan dengan pertengahan bulan Syaban. Di hari ini disunnahkan untuk puasa Ayamul bidh, sekaligus mendapat pahala dan keberkahan puasa Senin. Malam ini, pertemuan  ke 25 kelas menulis Nusantara. Aku bersyukur bisa sampai sejauh ini. Walau dengan tertatih tatih dalam menulis belum ada perubahan yang berarti. Masih sering terbata-bata dan tidak pas .Namun aku tak patah semangat, untuk terus berjuang agar tulisan ku bisa menjadi buku solo. 

Materi malam ini tidak terlalu berpengaruh untukku dalam berkegiatan, karena aku bukan PNS. Namun aku perlu tahu juga sejauh mana Menulis ini bisa menjadi  point untuk kenaikan pangkat bagi PNS. 

Moderator malam ini , bu guru cantik Yandri Novitasari dan sebagai  Narasumber  bapak Imron Rosidi.

Sebelum kelas pelatihan  dimulai, seperti Omjay memberikan kata pengantar dan  motivasinya yang membahana. Membangunkan siapa saja yang hampir terkulai lemah....

"Sebagai founder KBMN PGRI gelombang 28, Omjay berharap semakin banyak peserta yang bertahan sampai di akhir finish dan tidak menyerah kalah. Sebab malam ini materinya semakin seru . Judulnya *Point Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS*. Beliau adalah salah seorang narasumber yang mengalaminya secara langsung" 

"Buat kawan-kawan peserta KBMN 28, ayo kita siapkan diri untuk belajar bersama secara online. Kita belajar dari Pak Imron Rosidi yang berada di Pasuruan Jawa Timur, dan IBu Yandri yang bersala dari Padang, Sumatera Barat. Jarak yang jauh menjadi terasa dekat berkat adanya aplikasi Whatsapp.com."

Bu Yandri selaku moderator muncul dengan wajahnya yg cantik  dan senyumnya yg manis. Suaranya diwakili oleh papan board yang bergerak di grup whatshap KBMN.

Beliau mulai memperkenalkan narasumber yang ternyata sudah tidak asing lagi bagi para guru di Indonesia.


Inilah Bapak  Dr. Imron Rosidi , M.Pd. dengan salah satu buku karya beliau berjudul *Bergerilya menjadi Penulis.* 

Seabrek prestasi sudah di raih oleh beliau . Bapak Imron adalah alumni D-III Jurusan Bahasa di IKIP Surabaya ini. Hal ini dibuktikan  terpilihnya beliau  sebagai penerima *Penghargaan Satya Lencana Pendidikan* dari Presiden Susilo Bambang Yudyono (SBY) tahun 2011. Tak hanya itu beliau juga Mendapatkan penghargaan dari Intel Education Award dan Platinum Indonesia.


Beliau juga merupakan Penulis buku berjudul *"Menulis Siapa Takut",* yang juga berprofesi sebagai dosen Pascasarjana Uniwara STKIP Pasuruan dan kampus Dalwa Bangil karena kecintaannya di bidang menulis Pak Imron dipercaya menjadi wakil dalam Pertukaran Tokoh Masyarakat Indonesia dengan Amerika Tahun 2006 dan menjadi wakil kalangan guru yang terbang ke Amerika. Tidak hanya Amerika,  lelaki kelahiran kelahiran Surabaya tanggal 10 Juni 1966 ini juga terbang ke Sydney dan Melbourne tahun 2011, beliau dipercaya mewakil Indonesia karena beliau mendapat Predikat Guru Berprestasi Tingkat Nasional.

Sepak terjang yang luar biasa diimbangi ketekunan dan keuletan Bapak Imron sebagai Penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius dan lain sebagainya. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Bangil mengantarkan beliau meraih gelar Doktor dan beliau juga masuk  sebagai 10 penulis buku nonfiksi yang mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim.  

Masya ALLAH ...Buanyaak sekali bapak.

Teringat akan kalimat indah  dari Samuel Johnson, *"Karya-karya yang hebat dilakukan bukan dengan kekuatan, tetapi juga dengan ketekunan."

Sebelum pemaparan materi dimulai, Ibu moderator mengajak kami semua berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing. 

Bapak Imron memulai memaparkan materi  melalui voice note .

Bagaimana cara memanfaatkan kemampuan kita dlm menulis buku untuk kenaikan Pangkat ? Hal ini bisa ditinjau  berdasarkan Permenpak rb 16 tahun 2009.

Lalu  bagaimana dg munculnya permenpan no 2023. Apakah guru sdh tdk perlu menyusun DUPAK lagi?

Untuk kenaikan pangkat dibutuhkan 3 hal pokok yaitu 

1. Kegiatan pengembangan diri (KP)

2. Publikasi Ilmiah (PI)

3. Karya Inovatif  (KI)

 

Salah satu jenis Publikasi Ilmiah  dan Karya Inovatif adalah penulisan buku.

Untuk PI bisa berbentuk buku di bidang pendidikan, buku terjemahan, buku hasil mengubah dari laporan penelitian kita.

 


Sementara itu, di KI bisa berupa buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel dll.



Sayangnya, ketika Pak Imron menilai buku2 yang diajukan untuk KP, saya sering menemukan buku antologi puisi yang ditulis keroyokan. setiap guru hanya menulis satu atau lebih puisi. ini tidak bisa dinilai

Untuk kumpulan puisi, hanya yang menulis minimal 20 puisi yg bisa dinilai. untuk kumpulan cerpen, minimal satu guru menulis 5 cerpen bisa dinilai.

Mari kita lihat penjelasan berikut;


Contoh Buku untuk kenaikan pangkat yaitu : 

 

Buku  PI :

• Buku hasil penelitian

• Buku Pelajarannya

• Buku pengayaan

• Buku Pedoman Guru

 

Buku KI :

• Buku kumpulan puisi

• Buku kumpulan cerpen 

• Buku Novel


Angka Kredit Buku dapat di hitung sesuai ketentuan yang berlaku. 

Materi mengenai poin buku  untuk kenaikan pangkat sangat menarik bagi guru PNS, sementara untuk guru yang bukan PNS menulis buku punya poin tersendiri , walaupun tidak bisa dijadikan untuk kenaikan pangkat di yayasan pendidikan swasta. 

Aku termasuk salah satu yang tidak bisa menggunakan buku untuk poin kenaikan pangkat karena ku ngajar di sekolah swasta.

Bagiku tidak masalah...

 

Demikian resume untuk malam ini. Terimakasih ilmu Bapak Imron Rosidi.

Alhmdulillah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

S

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOKJAY SUMBER INSPIRASI DALAM MENULIS

  DOKJAY SUMBER INSPIRASI DALAM MENULIS   Nama: Linda Silawati Judul: DokJay Sumber Inspirasi Dalam Menuli Resume ke-1 Gelombang 28 Tanggal 9 Januari 2023 Tema Menulislah Setiap Hari Narasumber Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd (OmJay)   Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. Beliau adalah seorang Trainer, Teacher, Blogger, Fotografer, Motivator, Pembicara Seminar, Workshop PTK, dan Praktisi ICT. Beliau Sering diundang di berbagai Seminar dan Workshop sebagai Pembicara di tingkat Nasional. Bersedia membantu para guru dalam bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) online. Berbagai Karya Tulisnya juga selalu masuk final di tingkat Nasional dan berbagai prestasi telah diraihnya (sumber:   https://wijayalabs.wordpress.com ). Sebuah kalimat pembuka dalam kegiatan malam ini membuat saya menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini, kalimat tersebut adalah: Dengan bersungguh-sungguh saya mengucap aamiin...semoga Allah

Pemasaran Buku

Pemasaran Buku Hari/tanggal    : Rabu/22 Februari 2023 Tema                : Strategi Pemasaran Buku Narasumber     : Agus Subardana,S.E.,M.M Moderator        : Pubaniasita KS,S.Pd "Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"  ( Ali bin Abu Thalib )          Dimalam yang sejuk ini moderator mulai memperkenalkan narasumber kita malam ini. Siapakah beliau?“ Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala   Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agust. Subardana   S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus” Dem