Langsung ke konten utama

Menulis Buku Ajar

 Menulis Buku Ajar

 

Pertemuan ke        : 19 

Tanggal                  : 20 Febuari 2023

Tema                      : Menulis buku ajar

Narasumber           : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.

Moderator              : Mutmainah

          Di malam putaran ke 19 kembali Emut Lebak akan menemani sobat nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya.  Semoga niat tetap terjaga untuk menambah ilmu dari narasumber yang luar biasa. Sebelum kita berselancar dalam dunia maya yang kaya akan hikmah, mari kita satukan hati dan rasa untuk semangat berkarya. Agar malam ini diberi kelancaran dan kemudahan, mari kita tundukkan jiwa sejenak dalam khusyuknya doa. Pastikan segala pendukung tersedia ya. Seperti biasa pertemuan ini  kita akan bagi  dalam 4 sesi:

1.      Pembukaan

2.       Paparan materi

3.      Tanya jawab

4.       Penutup

         Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. Pramudya Ananta Toer. Menulislah dengan tulisan jelek, karena tulisan yang bagus hanya bonus dari kebiasaan". Menulis merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan.

         Narasumber kita mala mini adalah Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu.

Assalamualaikum wr wb. salam sehattt selalu. jumpa lagi disini bersama saya. Mohon maaf saya sedikit terlambat karena masih ada kegiatan kampus, baikkk sy akan memulai materi ya. sangat luaarr biasa sekali kali ini sy diberi kesempatan untuk berbagi kepada teman2 guru setanah air, bagian saya adalah bagaimana kita menata materi bahan ajar kita sbg seorang dengan mudah, pingin tahu ga ya rahasianya.

Materi kita adalah

1.      Bahan Ajar  VS  Buku Ajar

2.       Pentingnya BA dalam pembelajaran

3.      Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran

4.      Cara Penulisan Buku Ajar

Bahan Ajar vs Buku Ajar

Bahan Ajar

  1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
  2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
  3. Bahan Ajar Cetak: buku Teks, buku Referensi, dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ, Panduan = Petunjuk = Pedoman,  Atlas = Peta, Diagram = Poster. Brosur = Leaflet = Manual.Bahan Ajar non-Cetak, Internet = Web Based Courses = e-learning, CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer, Slide • Video / TV, Audio / Radio. 

Buku Ajar

Definisi

Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)

 

Buku Ajar Penting dalam Pembelajaran

  1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
  2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
  3.  Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
  4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
  5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi

Trilogi Pembelajaran

  1. Tujuan
  2. Strategi
  3. Penilaian

Keuntungan Buku Ajar Bagi Guru

  1. Promosi kenaikan pangkat
  2. Mendapatkan insentif
  3. Finansial-Royalti
  4. Eksistensi Diri
  5. Media ekspresi
  6. Branding Personal dan Institusi
  7. Penguatan keilmuan

Sebagai peneliti dan pembelajar peran guru, pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar yaitu: Guru membuat RPP/Silabus, desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai, semua mata pelajaran yg di desain itu sama dg ouline calon buku kita, hal ini juga akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat.

 

Jenis-jenis Buku Ajar

  1. Buku ajar
  2. Buku modul
  3. Diktat 
  4. Petunjuk praktikum 
  5. Buku tutorial

Buku Ajar pada umumnya

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman. 

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

 

Buku Teks pada umumnya

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun secara linier. 

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat   

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

 

Cara Menyusun Buku Ajar

  1. Penataan informasi (compilation text). Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPP yang telah disusun
  2. Pengemasan kembali (information repackaging). Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPP. 
  3. Menulis sendiri (starting from scratch). Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.

Prosedur Koplikasi

Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPP. Berikut cara menentukan prosedur:

  1. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per bahan kajian sesuai dengan RPP.  
  2. Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per bahan kajian sesuai dengan RPP.  
  3. Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan bahan kajian yang sesuai dengan RPP.
  4. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap bahan kajian/BAB. 
  5. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap bahan kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
  6. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut

.

Prosedur pengemasan Kembali Informasi

Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPP + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:

Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai. 

 

Petunjuk belajar bagi siswa. 

  1. Latihan
  2. Ringkasan
  3. Umpan balik
  4. Evaluasi formatif.

Pertimbangan Penulisan Buku Ajar Oleh Guru/Dosen

  1. Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu). 
  2. Guru mempunyai kemampuan menulis. 
  3. Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya. 
  4. Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajara 

Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar

1.       Prinsip Relevansi

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2.      Prinsip Konsistensi/Keajegan

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

3.       Prinsip Kecakupan

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

Sistematika Buku Ajar

         Biasanya tergantung dari penerbit juga, tetapi sebagai seorang guru juga memiliki kesiapan untuk menata outline buku kita sendiri yaitu: 

1.       Pendahuluan

2.       Penyajian

  1. Penutup
  2. Daftar Pustaka
  3. Senarai (glossary)

Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata  

1.       Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa 

2.      Identitas Mata Kuliah 

3.       Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar 

4.       Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa 

5.       Capaian Pembelajaran Mata kuliah

 

Pada Pendahuluan

  • Kemampuan Akhir 
  • Indikator 
  • Pendahuluan, terdiri dari: 
  • Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut.  
  • Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi siswa/mahasiswa.

Penyajian

1.      Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh.

2.      Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi. 

3.      Tugas dan Latihan yang dilakukan siswa/mahasiswa setelah membaca uraian materi. 

4.       Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

Penutup 

1.       Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan kemampuan akhir. 

2.      Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes). 

3.       Tindak lanjut.

 

Daftar Pustaka 

Senarai

Yaitu: berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan. 

Daftar Indeks (jika diperlukan).

Pada bagian penutup pertemuan malam ini dapat disimpulkan ruang tanya jawab sebagai berikut: 

  1. Buku bermutu yang bisa mengukur adalah masing-masing guru pengampu mata pelajaran, RPS yang dibuat itu dasarnya, sesuai kurikulum dan saat ini didukung bgmn implementasi dengan merdeka belajar itu sangat dibutuhkan saat ini, kolaborasi kurikulum, seni merancang ide-ide guru tentunya yangg sesuai dengang kondisi dan karakter siswa di manan siswa itu berada
  2. Buku referensi ini adalah hasil penelitian yang didukung oleh beberapa temuan sebelumnya yang bisa mendukung hasil penelitian secara ilmiah.
  3. Buku ajar hasil desain seorang guru dari RPP, tentunya adalah guru bisa mengambil cuplikan hasil penelitian atau materi yg sangat menarik di anatara materi yang sudah di siapkan diangkat mjd sebuah buku ajar, ini menarik skli, spt buku sy yg menang tsb adalah hadil peneltian di sekolah/kampus krn menarik saat itu perlu ilmu ttg belajar jarak jauh terutama ilmu BK yaitu bagaimana siswa/mahasiswa memiliki sikap menghormati/menghargai guru/dosen dalam belajar.ini namanya buku bernovelty, buku yang ada ruh nya 
  4. Kita membuat buku juga berdasarkan hasil observasi bahwa nilai kebutuhan buku tersebut yang akan menggunakan hrs sesuai, juga melakukan penyebaran angket untuk kebutuhan buku selain observasi dan waancara terkait kebutuhan buku tersebut.

 

Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu), mempunyai kemampuan menulis, memahami kebutuhan siswa/ mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya dan  memiliki kemampuan mendesain pembelajaran

Sebagai penulis buku bekal dasar adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen"

"Guru adalah agen aktivitas pembelajaran"

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurus Jitu Menulis Cerita Fiksi

  JURUS JITU MENULIS CERITA FIKSI   Judul                                 : Jurus Jitu Menulis Cerita Fiksi Pertemuan                                :  ke-10 Tanggal                             : 30 januari 2023 Tema                                 : Kiat Menulis Cerita Fiksi Narasumber                      : Sudomo, S.Pt. Moderator                       ...

Teknik Promosi Buku

  Teknik Promosi Buku Judul                     : Teknik Promosi Buku Resume                 : 28 Tanggal                : 13 Maret 2023 Tema                    : Strategi Promosi Buku dengan Tepat Narasumber         : Akbar Zainuddin, MM, MNE Moderator            : Sim Chung Wei, SP Pertemuan ke 28 KBMN PGRI Angkatan 28 mengukuhkan materinya dengan topik teknik promosi buku. Apa itu promosi buku? Membaca kata promosi  yang ada di benak dan pikiran semua orang tentu sangat erat kaitannya dengan jualan walaupun tidak semua promosi itu bersifat jualan.  Dalam konteks bisnis, promosi adalah cara seseorang, sekelompok orang, atau sebuah perusahaan menyebar...

Blog Sebagai Media Dokumentasi dan Refleksi Diri

  Blog Sebagai Media Dokumentasi dan Refleksi Diri  Resume.       : 29  Gelombang   : 28 Hari,Tgl.        : Rabu , 15 Maret 2023 Tema.             : Blog sebagai Media Dokumentasi dan Refleksi Diri Narasumber : Bambang Purwanto, S.Kom, Gr. Moderator.   :  Gina Dwi  Septiani, S.Pd. M.Pd. Malam kedua terakhir di pertemuan kelas KBMN......aku terhuyung lelah...dengan tugas yang menumpuk dan keinginanku untuk terus mengikuti kelas menulis ini.  Laaa haula wala quwwata illah billah... Maju terus pantang mundur...untuk satu tujuan...jadi Penulis. Kelas dimulai oleh moderator Gina Dwi  Septiani dengan narasi yang indah dari John Dewey "Kita tidak belajar dari pengalaman… kita belajar dari merefleksikan pengalaman." - John Dewey Lalu pertanyaan - pertanyaan dari Mba Gina  mengenai Materi malam ini muncul . "Pernahkan sahabat sekalian men...