Menulis Buku Ajar
Pertemuan
ke : 19
Tanggal
: 20 Febuari
2023
Tema
: Menulis buku ajar
Narasumber
: Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator
: Mutmainah
Di malam putaran ke 19 kembali Emut
Lebak akan menemani sobat nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas.
Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya. Semoga niat tetap terjaga untuk menambah ilmu
dari narasumber yang luar biasa. Sebelum kita berselancar dalam dunia maya yang
kaya akan hikmah, mari kita satukan hati dan rasa untuk semangat berkarya. Agar
malam ini diberi kelancaran dan kemudahan, mari kita tundukkan jiwa sejenak
dalam khusyuknya doa. Pastikan segala pendukung tersedia ya. Seperti biasa
pertemuan ini kita akan bagi dalam 4 sesi:
1. Pembukaan
2. Paparan materi
3. Tanya jawab
4. Penutup
Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari
siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi,
sampai jauh, jauh di kemudian hari. Pramudya Ananta Toer. Menulislah dengan
tulisan jelek, karena tulisan yang bagus hanya bonus dari kebiasaan".
Menulis merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara
dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai
bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan
manusia akan semakin mudah dilupakan.
Narasumber kita mala mini adalah Dr.
Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN
PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di
Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling.
Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik
Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu.
Assalamualaikum
wr wb. salam sehattt selalu. jumpa lagi disini bersama saya. Mohon maaf saya
sedikit terlambat karena masih ada kegiatan kampus, baikkk sy akan memulai
materi ya. sangat luaarr biasa sekali kali ini sy diberi kesempatan untuk
berbagi kepada teman2 guru setanah air, bagian saya adalah bagaimana kita
menata materi bahan ajar kita sbg seorang dengan mudah, pingin tahu ga ya
rahasianya.
Materi kita
adalah
1. Bahan Ajar VS
Buku Ajar
2. Pentingnya BA dalam pembelajaran
3. Buku Ajar dan Buku Hasil
Penelitian/Hasil Pemikiran
4. Cara Penulisan Buku Ajar
Bahan Ajar vs Buku Ajar
Bahan Ajar
- Bahan ajar adalah segala bentuk
bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan
belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak
tertulis.
- Bahan ajar adalah seperangkat
materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis
sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta
didik untuk belajar.
- Bahan Ajar Cetak: buku Teks,
buku Referensi, dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ, Panduan =
Petunjuk = Pedoman, Atlas = Peta, Diagram = Poster. Brosur = Leaflet
= Manual.Bahan Ajar non-Cetak, Internet = Web Based Courses = e-learning,
CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer, Slide • Video / TV, Audio /
Radio.
Buku Ajar
Definisi
Buku Ajar
adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis
dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam
pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
Buku Ajar Penting dalam Pembelajaran
- Guru lebih banyak waktu untuk
memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
- Siswa dapat belajar sekalipun
tidak ada guru
- Siswa dapat belajar kapan
dan di mana saja
- Siswa tidak terlalu tergantung
kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
- Siswa bisa belajar dengan
kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Trilogi Pembelajaran
- Tujuan
- Strategi
- Penilaian
Keuntungan Buku Ajar Bagi Guru
- Promosi kenaikan pangkat
- Mendapatkan insentif
- Finansial-Royalti
- Eksistensi Diri
- Media ekspresi
- Branding Personal dan Institusi
- Penguatan keilmuan
Sebagai peneliti
dan pembelajar peran guru, pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm
menulis buku ajar yaitu: Guru membuat RPP/Silabus, desain pembeljaran sbg
langkah awal untuk memulai, semua mata pelajaran yg di desain itu sama dg
ouline calon buku kita, hal ini juga akan menghasilkan buku ajar, Buku
modul dan diktat.
Jenis-jenis Buku Ajar
- Buku ajar
- Buku modul
- Diktat
- Petunjuk praktikum
- Buku tutorial
Buku Ajar pada umumnya
1. Ditulis
dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun
berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4.
Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai
5. Ada
pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu
memberikan rangkuman.
7. Kepadatan
berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas
untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan
petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya
1. Ditulis
terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak
selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun
secara linier.
4. Strukturnya
berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum
tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum
tentu ada rangkuman.
7. Materi
buku teks sangat
8. Dikemas
untuk dijual secara umum.
9.Tidak ada
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10.Tidak
memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
Cara Menyusun Buku Ajar
- Penataan informasi (compilation
text). Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang
telah beredar di pasaran berdasarkan RPP yang telah disusun
- Pengemasan kembali (information
repackaging). Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber
yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai
dalah RPP.
- Menulis sendiri (starting from
scratch). Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan
RPS mata kuliah yang diampu.
Prosedur Koplikasi
Kumpulkan
seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam
mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPP. Berikut cara
menentukan prosedur:
- Tentukan bagian-bagian buku,
artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan
per bahan kajian sesuai dengan RPP.
- Fotokopi seluruh bagian dari
sumber yang digunakan per bahan kajian sesuai dengan RPP.
- Pilahlah hasil fotocopy
tersebut berdasarkan urutan bahan kajian yang sesuai dengan RPP.
- Buatlah/tulislah halaman
penyekat bahan untuk setiap bahan kajian/BAB.
- Bahan-bahan yang sudah
dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap bahan kajian kemudian
dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
- Buatlah/tulislah pedoman
guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah
dikompilasi tersebut
.
Prosedur pengemasan Kembali Informasi
Informasi
yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPP + RTM)
Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan
strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi
yang akan dicapai.
Petunjuk belajar bagi siswa.
- Latihan
- Ringkasan
- Umpan balik
- Evaluasi formatif.
Pertimbangan Penulisan Buku Ajar Oleh Guru/Dosen
- Guru merupakan pakar dalam
bidangnya (menguasai bidang ilmu).
- Guru mempunyai kemampuan
menulis.
- Guru memahami kebutuhan
mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.
- Guru memiliki kemampuan
mendesain pembelajara
Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
1. Prinsip Relevansi
Materi pembelajaran hendaknya ada
hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian
pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang
diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran
yang diajarkan harus berupa fakta.
2. Prinsip Konsistensi/Keajegan
Materi pembelajaran harus konsisten
dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun
dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat
macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat
macam
3. Prinsip Kecakupan
Materi yang diajarkan hendaknya
cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang
diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak.
Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata
kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang
waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
Sistematika Buku Ajar
Biasanya tergantung dari penerbit
juga, tetapi sebagai seorang guru juga memiliki kesiapan untuk menata outline
buku kita sendiri yaitu:
1.
Pendahuluan
2.
Penyajian
- Penutup
- Daftar Pustaka
- Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata
1. Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi
Mahasiswa
2. Identitas Mata Kuliah
3. Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
4. Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
5. Capaian Pembelajaran Mata kuliah
Pada Pendahuluan
- Kemampuan Akhir
- Indikator
- Pendahuluan, terdiri
dari:
- Deskripsi singkat berupa
gambaran umum tentang cakupan bab tersebut.
- Relevansi antara bab tersebut
dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi
siswa/mahasiswa.
Penyajian
1. Uraian atau penjelasan materi
(sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh.
2. Ilustrasi yang sesuai dengan uraian
materi.
3. Tugas dan Latihan yang dilakukan
siswa/mahasiswa setelah membaca uraian materi.
4. Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip
yang dibahas.
Penutup
1. Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator
dan kemampuan akhir.
2. Umpan balik, untuk dapat menilai
sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes).
3. Tindak lanjut.
Daftar Pustaka
Senarai
Yaitu:
berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
Daftar Indeks (jika diperlukan).
Pada bagian
penutup pertemuan malam ini dapat disimpulkan ruang tanya jawab sebagai
berikut:
- Buku bermutu yang bisa mengukur
adalah masing-masing guru pengampu mata pelajaran, RPS yang dibuat itu
dasarnya, sesuai kurikulum dan saat ini didukung bgmn implementasi dengan merdeka
belajar itu sangat dibutuhkan saat ini, kolaborasi kurikulum, seni
merancang ide-ide guru tentunya yangg sesuai dengang kondisi dan karakter
siswa di manan siswa itu berada
- Buku referensi ini adalah hasil
penelitian yang didukung oleh beberapa temuan sebelumnya yang bisa
mendukung hasil penelitian secara ilmiah.
- Buku ajar hasil desain seorang
guru dari RPP, tentunya adalah guru bisa mengambil cuplikan hasil
penelitian atau materi yg sangat menarik di anatara materi yang sudah di
siapkan diangkat mjd sebuah buku ajar, ini menarik skli, spt buku sy yg
menang tsb adalah hadil peneltian di sekolah/kampus krn menarik saat itu
perlu ilmu ttg belajar jarak jauh terutama ilmu BK yaitu bagaimana siswa/mahasiswa
memiliki sikap menghormati/menghargai guru/dosen dalam belajar.ini namanya
buku bernovelty, buku yang ada ruh nya
- Kita
membuat buku juga berdasarkan hasil observasi bahwa nilai kebutuhan buku tersebut
yang akan menggunakan hrs sesuai, juga melakukan penyebaran angket untuk
kebutuhan buku selain observasi dan waancara terkait kebutuhan buku
tersebut.
Guru merupakan
pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu), mempunyai kemampuan menulis,
memahami kebutuhan siswa/ mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya dan memiliki kemampuan mendesain pembelajaran
Sebagai penulis buku bekal dasar adalah
menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya
komitmen"
"Guru adalah agen aktivitas
pembelajaran"
salam literasi
BalasHapus