Pemasaran Buku
Hari/tanggal
: Rabu/22 Februari 2023
Tema : Strategi Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana,S.E.,M.M
Moderator : Pubaniasita KS,S.Pd
"Semua orang akan mati kecuali
karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat
kelak"
( Ali bin Abu Thalib )
Dimalam
yang sejuk ini moderator mulai memperkenalkan narasumber kita malam ini.
Siapakah beliau?“ Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada
seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku.
Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2
bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan Pernah Menjadi Dosen Tidak
Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala
Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2
Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak
Agust. Subardana S. E., M. M atau biasa
dipanggil bapak Agus”
Demikian
ibu Pubaniasita membuka kelas menulis yang sudah memasuki pertemuan ke 20.
Membaca
sudah disarankan kepada manusia yang ditandai dengan turunnya surat Al Alaq
yang menyarankan kita untuk membaca.Disamping membaca ada hal penting lainnya
yang harus dilakukan yaitu menulis. Seorang yang terkenal dizamannya tidak akan
diketahui generasi selanjutnya jika tidak ada jejak literasi yang
ditinggalkannya. Maka menulislah agar kenangan itu abadi.
Tujuan
menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para
pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat.
Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi
khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati
sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Suatu karya tulis juga perlu strategi
untuk sampai kepada pembaca. Jika hanya dicetak dan disimpan di gudang juga
tidak ada artinya karena tidak bisa dinikmati pembaca.
Materi
hari ini akan mengupas tuntas strategi pemasaran yang denga judul *Pemasaran
Buku" sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita simak dan
kuasai. Mari kita simak bersama pemaparan narsum kita yang luar biasa ini. Dengan ramah Pak agus menyapa
peserta KBMN dengan sebuah puisi
Singgah sebentar di rumah Kerabat
Meminta buah Apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat dari Saya Agust Subardana
Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih kepada Moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku
Demikian
Narasumber malam ini dengan rendah hati memperkenalkan diri. Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan
generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak,
pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata
dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya
membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan
peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Untuk
mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat
mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat
dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Dari jenis-jenis katagori buku
tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis
katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan
dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing
dan masyarakat.
2.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat
ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus
jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini
dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari
20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori. Strategi Pemasaran buku yang
telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku
serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan
pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut
dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
1.
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line
)
Pemasaran buku lewat Online. Saat
terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis
harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis
tidak akan bisa survive jika tidak
mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer
maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu
iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan
ataupun kampanye jauh lebih mudah.Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya
internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit
ANDI saat ini ttengah menjalankan penggarapan pasar dengan bisnis On Line
mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Digital
marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan
produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
2.
Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan di
Penerbit ANDI Offset antara lain :
1) Content marketing adalah salah satu jenis
digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk
target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari
calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog,
podcast, infografik, dan lainnya.
2) Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa
menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit
Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3) Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya
untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM)
merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas
website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4) Social media marketing memanfaatkan berbagai
platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa
menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti
Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang supaya lebih menarik
Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang
adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan
online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda.
Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media
sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media
Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai
Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
5. Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa menjadi
pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara
online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan
penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger
lainnya.
7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer
membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih
tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang
influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi strategi
pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang
bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV
Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel
Youtube juga dinilai sangat efektif
karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat
ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live
streaming.
Tujuan Penjualan secara Online
*
Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
*
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga
kesetiaan konsumen terjaga
*Menaikkan penjualan dan profit
* Menjaga kesetabilan penjualan
saat kondisi pasar lagi lesu
* Membandingkan dan keunggulan
produk dibandingkan dengan pesaing
* Membentuk citra produk
dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
* Mengubah tingkah laku ,
persepsi dan pendapat konsumen
Strategi Marketing
1. Strategi online-
Penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat,
dan platform messenger lainnya.
2. Menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi
Pelajar Indonesia dengan hadiah yang cukup menarik.
3.Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing
sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka
gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas menulis Om Jay,komunitas puisi
Sumpah Pemuda,komunitas guru,komunitas orang tua siswa,dan sebagainya.
B.Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE
).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini
dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan
membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit
Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan
tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan
mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku
di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu
*Toko Buku Modern
Gramedia Books Store, Gunung Agung
Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern
ini mempunyai sistem transaksi
mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan
dengan sistem centralisasi dan
sebagainya.
*Toko Buku Semi Modern
Toko buku semi modern biasanya
masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko
*Toko Buku Tradisional.
Toko Tradisional biasanya
sistem transaksinya masih manual .
Pemetaan ini dilakukan karena tiap jenis toko buku
tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas
masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip
jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual
putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai
macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku
dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan
Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
-Mengadakan event tematik sesuai moment bulan
berjalan (program Ramadhan, Program TAB,
Program TAM , dll )
Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
Cara
menarik pembeli
* Display Buku yang menarik
*Promo Display Buku di Toko
*Promo Discount
2.Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran
Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk
semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan
pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan
buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas
Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping
areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke setiap kampus
- Kunjungan langsung ke setiap
Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan langsung tersebut
diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak
Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan
buku dapat meningkat
3.Melakukan
even terbuka
Mengadakan
pameran buku,seminar,workshop,pembuatan film pendek.menulis puisi,essay dal
lain-lain
Keunggulan
Penerbit Andi
- Memiliki Brand Name sendiri
ditengah masyarakat
- Jaringan distribusi sangat luas
- Memiliki mesin cetak sendiri
- Sistim royalti yang amanah dan
bisa dipercaya.
Sesi
tanya jawab
P1
Endang
Ratna Juwita
Asal
Bogor.
pertanyaan:
1.Apa
yang harus kita lakukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis
buku seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah
ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembacamaka secara
otomatis
Jawab
1.Buku
kalau diterima penerbit Mayor maka secara otomatis buku sudah berada
didistributor
Promosi
dilakukan secara online atau offline agar bisa sampai ke tangan pembaca
2.Buku
fiksi seperti novel,cerpen,buku jurnal ,pengembangan diri,buku anak,religi
3.
Ketebalan tidak terlalu berpengaruh
Tapi
kalau materinya bagus dan isi baru berpengaruh terhadap minat baca
Harga
10-100 ribu merupakan harga yang terjangkau oleh pembaca Indonesia
P2
Evridus
Mangung peserta KBMN dari NTT.
Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
Pertanyaannya
bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang?
Jawab
1.Memetakan
peristiwa-peristiwa yang sedang viral atau ngetren itu menjadi tulisan kita
sehingga akan dibaca banyak orang
2.Aktif
di mesia sosial
3.Judul
harus menari
P
3
Rosjida
Ambawani - Ciamis
1.Apa
kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku
olehpenerbit mayor Andi Offset ?
2.Bagaimana
jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset danlesu
pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?
Jawab
Penulis
pemula sangat bisa diterbitkan di penerbit mayor tergantung isi tulisannya
sudah sesuai dengan kebutuhan pasar misalnya kalangan pelajar,
jenjang pendidikan untuk SD SMPatau SMA atau SMK atau untuk perguruan tinggi
atau untuk umum
Jika
pemasaran lesu,penerbit Andi akan menggerakkan 90 cabang yang ada di seluruh
Indonesia untuk pomosi,jika dalam dua tahun masih juga belum laku maka akan
diadakan bazar buku atau dikrim ke perpustakaan
Terima kasih bu Sita yang telah
setia menemani, semoga selalu sehat, semakin jaya karirnya, bahagia bersama
keluarga dan sahabat tercinta. Aamiin.
Demikian resume
tentang Pemasaran Buku yang dapat penulis
sajikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sahabat literasi.
mantap bu
BalasHapus